Kabar edukasi hari ini

Video pilihan

17 Februari 2013

Pengantar ke Visual Basic Application for PowerPoint

Pendahuluan

Materi ajar kelas XII semester genap sepenuhnya hanya perangkat lunak pembuat presentasi, dalam hal ini saya fokuskan kepada Microsoft PowerPoint 2007. Materi PowerPoint pada semester terakhir untuk kelas XII ini lebih bersifat pengembangan dan pengayaan, karena umumnya mereka (para siswa) sudah akrab dengan PowerPoint. Itulah sebabnya saya lebih menitik-beratkan pada proyek pembuatan multimedia pembelajaran interaktif dengan memakai PowerPoint, tanpa pemrograman dan dengan pemrograman.

Presentasi yang melibatkan multimedia dan interaktif tanpa pemrograman terfokus kepada penyisipan gambar, suara dan movie serta pemanfaatan hyperlink dan action buttons. Sedangkan pembuatan presentasi yang melibatkan pemrograman diarahkan ke Visual Basic Applications (VBA).

Apa itu VBA?

Ini merupakan bahasa pemorgraman yang terdapat dibalik aplikasi Microsoft Office. Bahasa pemrograman ini dapat dimanfaatkan untuk lebih mendayagunakan file-file Microsoft Office yang kita ciptakan, misalnya membentuk interaktivitas pada sebuah file presentasi.

Cara Mengakses VBA

Kode-kode pemrograman Visual Basic disusun pada jendela Visual Basic Editor (VBE). Gunakan shortcut keyboard ALT+F11 untuk membuka jendela VBE, dan ALT+Q untuk menutupnya kembali.

Jendela Visual Basic Editor

Jendela Code

Jendela Code digunakan untuk menyusun kode-kode pemrograman. Untuk menampilkannya, klik menu Insert, dan pilih Module.

Jendela Code pada VBE

Subroutine atau Procedure

Subroutine atau Procedure merupakan blok program yang disusun untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu. Didalam dunia pemrograman, masalah diselesaikan dengan cara membagi masalah itu menjadi bagian-bagian lebih kecil untuk diselesaikan secara parsial. Berikut contoh pembuatan sebuah subroutine bernama registrasi:

Pembuatan Subroutine
Blok program harus ditulis diantara Sub dan End Sub.

Input Box

Input Box biasa digunakan untuk menampilkan suatu jendela dialog yang meminta masukan dari pengguna. Sebagai contoh, masukan yang mengharuskan pengguna melakukan registrasi dengan cara menulis nama mereka. Kodenya adalah sebagai berikut:

Contoh penulisan kode untuk Input Box
String dalam tanda-kutip pertama adalah prompt, yaitu teks yang akan kita tampilkan pada input box tersebut, sedangkan string dalam tanda-kutip kedua menunjukkan judul dari input box tersebut.

Cara Menjalankan Subroutine

Sebelum sebuah subroutine diterapkan, anda bisa menjalankan terlebih dahulu untuk melihat hasilnya. Klik tombol Run untuk melakukan hal ini.

Tombol RUN pada Jendela VBE
Didalam Microsoft Office, sebuah subroutine atau procedure dikenal pula dengan istilah makro. Pilih macro bernama registrasi yang telah anda buat, lalu klik tombol Run.

Jendela Dialog Macro
Hasilnya akan diperlihatkan seperti ini:

Contoh Tampilan Input Box

Variabel dan Cara Memasukkan Nilai Kedalamnya

Untuk menampung hasil masukan, misalnya yang berasal dari input box, diperlukan sebuah wadah atau container. Didalam bahasa pemrograman, wadah yang dimaksud adalah variabel. Berikut contoh mendeklarasikan sebuah variabel didalam Visual Basic:

Contoh Mendeklarasikan Variabel
Setiap variabel memiliki nama (pada contoh diatas adalah username) serta jenis data yang bisa ditampungnya. Pada contoh diatas variabel username hanya bisa menampung jenis data teks (String). Jenis data lainnya adalah Integer, Boolean serta masih ada lagi jenis data lainnya.

Supaya variabel username pada contoh diatas bersifat global, maka harus dideklarasikan paling awal sebelum subroutine apapun. Bersifat global artinya bisa dipakai oleh seluruh subroutine yang ada.

Sekarang, bagaimana cara memasukkan data kedalam sebuah variabel? Contoh berikut memasukkan teks yang berbunyi "Anonim" kedalam variabel username.

Contoh Memasukkan Nilai kedalam Variabel
Nah, bagaimana halnya memasukkan nilai yang berasal dari input box? Sangat gampang! Anda tinggal mengubah contoh kode diatas menjadi seperti ini:

Contoh Memasukkan Data Input Box kedalam Variabel

Cara Menjalankan Macro pada Presentasi PowerPoint

Anda telah membuat sebuah subroutine bernama regsitrasi. Pertanyaannya adalah: bagaimana cara menjalankan subroutine tersebut pada presentasi PowerPoint? Sebagai contoh, siapkan sebuah slide seperti berikut ini:

Contoh Slide untuk Registrasi
  1. Masuk kedalam jendela PowerPoint, lalu pilih tombol "Registrasi"
  2. Klik tab Insert, dan pilih Actions.
  3. Klik opsi Run Macro, dan pastikan anda sudah memilih subroutine bernama registrasi, setelah itu klik tombol OK.
Dialog Menjalankan Macro
Anda bisa mencoba jalankan presentasi, lalu klik tombol "Resgistrasi". Apakah yang terjadi?

Pemakaian Data yang Tersimpan dalam Variabel

Data yang tersimpan pada variabel username bisa dimanfaatkan atau dipanggil. Cara pemanggilannya cukup dengan menyebutkan nama variabel itu.

Message Box

Message box adalah jenis kotak dialog lainnya yang dapat digunakan untuk menampilkan pesan berupa informasi atau konfirmasi. Berikut contoh message box yang menampilkan ucapan selamat datang kepada pengguna yang telah melakukan suatu registrasi:

Contoh Pemakaian Message Box

Tanda "&" dipakai untuk menyambung string, dalam hal ini adalah string yang tersimpan dalam variabel username dan string yang berbunyi ", anda sudah terdaftar. Selamat mengerjakan".

Menjalankan Sebuah Subroutine didalam Subroutine Lainnya

Sebagai contoh, anda sudah memiliki dua buah subroutine yaitu registrasi dan welcome. Begitu subroutine registrasi dijalankan dan pengguna sudah memasukkan namanya, maka berikutnya adalah menampilkan message box yang berisi pesan bahwa registrasi oleh pengguna sudah berhasil. Untuk ini kita perlu memanggil subroutine welcome dari subroutine registrasi. Untuk memanggil sebuah subroutine dari subroutine lainnya cukup sebutkan namanya saja.

Contoh Pemanggilan Subroutine dari Subroutine Lain
Sekarang, coba jalankan kembali presentasi anda, dan lakukan regsitrasi. Sebuah message box akan diperlihatkan, contohnya seperti ini:

Contoh Tampilan Message Box
Bersambung . . .

6 komentar :

  1. Trims. Ini untuk materi pengembangan PowerPoint, Lang. Untuk pembelajaran secara live, tunggu Selasa (19/02) besok ya!

    BalasHapus
  2. kakak,setelah file nya di simpan kenapa tidak otomatis "Registrasi" nya dapat di jalankan ? Bagaimana caranya agar setelah di save dan di open kembali langsung bisa digunakan kakak?

    BalasHapus
  3. @Gunmen: Untuk registrasi pakai VBA yang bisa tersimpan secara permanen diperlukan database untuk menyimpan record registrasi. Akan terlalu kompleks pembahasannya jika tulisan ini mencakup juga kesana. Pengantar VBA ini hanyalah contoh sederhana, sebelum akhirnya kita mengerjakan yang lebih kompleks. Saya akan usahakan respon anda dalam tulisan mendatang. Trims

    BalasHapus
  4. matur nuwun sanget materinya bagus untuk pengembangan dalam pembelajaran powerpoint

    BalasHapus
  5. terimakasih gan atas infonya

    BalasHapus