Halaman

18 Februari 2012

Regional Setting pada Windows 7 serta Cara Pengaturannya

Penyesuaian Regional itu Penting Sebab . . .

Sistem operasi komputer harus mampu menyajikan dengan benar format bilangan, mata uang, jam dan tanggal sesuai yang berlaku pada wilayah negara dimana pengguna komputer itu berada. Jika Anda pengguna sistem operasi Windows 7, pengaturan regional biasanya sudah dilakukan pada saat sistem operasi tersebut diinstalasi kedalam komputer.  

Contoh Sederhana dari Microsoft Excel 

Anda yang sudah terbiasa bekerja dengan program aplikasi Microsoft Excel, tentu pernah melakukan pemformatan Currency pada sel-sel lembar kerja, bukan? Hal ini akan mengakibatkan bahwa setiap data numerik yang dimasukkan kedalam sel-sel itu akan diatur secara otomatis kedalam format mata uang negara sesuai dengan regional setting yang ditetapkan pada sistem komputer. Jadi, setiap kali Anda memasukkan suatu bilangan kedalam sel yang telah diformat maka dengan sendirinya bilangan didalam sel itu akan dilengkapi dengan lambang mata uang yang berlaku, dan nilai didalam sel ini dapat dilibatkan dalam suatu suatu kalkulasi atau formula! Pemformatan mata uang secara manual hanya akan mengakibatkan kalkulasi atau formula tidak memberikan hasil sebagaimana mestinya.
Pengaturan Regional pada Windows 7

Bila diperlukan, Anda dapat melakukan pengaturan setelan wilayah (regional setting) dengan langkah-langkah berikut:
  • Klik Start, kemudian pilih Control Panel.


  • Klik ikon Clock, Language, and Region
 

  • Klik ikon Region and Language
  • Diperlihatkan jendela dialog Region and Language.
  • Pastikan tab Formats dalam keadaan terbuka (aktif).
  • Untuk memilih negara, bukalah daftar format, dan kemudian pilih nama negara yang dimaksud. Setelah itu, Anda dapat memilih format untuk tanggal dan jam sesuai yang disediakan.
  • Klik tombol Additional settings...
  • Untuk mengatur format bilangan, pastikan tab Numbers dalam keadaan terpilih, dan kemudian lakukan pengaturan sesuaiyang diinginkan.


  • Untuk mengatur format mata uang, klik tab Currency. Kemudian tentukan format-format mata uang yang diinginkan.


  • Untuk mengatur format jam, klik tab Time. Setelah itu, aturlah format jam sesuai yang diinginkan.
  •  Untuk mengatur format tanggal, klik tab Date. Aturlah format-format tanggal yang diperlukan.

  •  Klik OK. Dan anda akan kembali ke jendela dialog Region and Language.

Penetapan Lokasi Negara

Beberapa piranti lunak, termasuk sistem operasi yang Anda gunakan, mungkin menyediakan konten tambahan bagi Anda untuk lokasi yang berbeda-beda. Beberapa layanan menyediakan informasi lokal seperti berita dan cuaca. Contohnya seperti ketika Anda menjalankan browser Mozilla untuk mengunjungi google.com. Maka secara otomatis Anda akan diarahkan ke alamat google.co.id, sebab sistem komputer Anda memiliki nilai "Indonesia" sebagai setelan lokasinya. Tahu sendiri kan kalau google.co.id itu merupakan layanan mesin pencari Google yang dikhususkan untuk para pengguna internet di Indonesia? Untuk menetapkan negara yang menjadi lokasi pengguna komputer, klik tab Locale pada jendela dialog Region and Language. Kemudian piliha nama negara yang sesuai dari daftar. Klik OK untuk menutup jendela dialog.  

Pengaturan Jam dan Tanggal Sistem


Informasi jam dan tanggal sistem bersumber pada setelan didalam konfigurasi BIOS. Jika konfigurasi jam dan tanggal didalam BIOS sudah cocok dengan keadaan yang sebenarnya, maka jam dan tanggal yang ditunjukkan oleh sistem operasi Windows 7 juga akan cocok. BIOS mampu menjaga konfigurasi yang telah ditetapkan karena dilengkapi dengan baterai eksternal sebagai catudaya. Itulah sebabnya konfigurasi jam dan tanggal didalamnya senantiasa cocok dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Bila karena suatu sebab sehingga Anda merasa perlu mencocokkan informasi jam atau tanggal pada sistem, maka hal tersebut dapat Anda lakukan melalui Control Panel dengan memilih ikon Date and Time.

Untuk mengubah tanggal dan jam, klik tombol Change date and time . . . Silahkan cocokkan tanggal dan jam pada kolomyang tersedia sehingga sesuai dengan keadaan sebenarnya pada saat itu. Setelah itu, klik OK untuk menerapkannya. Untuk mengubah zona waktu, klik tombol Change time zone, dan kemudian pilih zona waktu yang tersedia dari daftar. Klik OK untuk menerapkannya.  

Pengaturan Jam Internet


Komputer dengan sistem operasi Windows 7 sudah diatur secara otomatis sinkron dengan 'time.window.com'. Komputer tersebut melakukan sinronisasi secara otomatis pada basis yang sudah terjadwal. Jika Anda bermaksud mengubah setelan jam internet, silahkan klik tab Internet Time pada jendela dialog Date and Time. Kemudian, klik tombol Change setting dan pilih setelan yang ingin digunakan. Setelah itu klik OK untuk menerapkannya.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar